Monday 14 November 2016

Filled Under:

PENAMPAKAN ANEH BERLAKU PADA FENOMENA SUPERMOON SEMALAM. ZOOM 5KALI UNTUK LIHAT LEBIH JELAS.

PENAMPAKAN ANEH BERLAKU PADA FENOMENA SUPERMOON SEMALAM. ZOOM 5KALI UNTUK LIHAT LEBIH JELAS.

Supermoon paling istimewa semenjak Indonesia merdeka bakal terjadi nanti malam Senin 14 November 2016. Ada beberapa fakta menarikyang harus kamu tahu, yuk simak.

Astronom di Slooh Community Observatory, Bob Breman mengatakan bulan purnama tidak hanya menjadi supermoon yang terdekat dan tercerah selama tahun 2016, namun juga terbesar sejak tahun 1948.

Supermoon atau yang biasa dikenal dengan bulan perigee dalam astronomi terjadi saat bulan ada pada jarak terdekat dengan bumi, sehingga membuat bulan tampak terlihat besar dan terang. Rata-rata jarak bumi dan bulan adalah sekitar 384.400 kilometer.

Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang Supermoon yang harus diketahui. Pertama adalah saat supermoon bulan tidak terlihat begitu beda meski peneliti menyatakan bulan akan terlihat 15% lebih besar dan 16% lebih terang dari bulan purnama biasa.

Astronom amatir menyebut tidak akan melihat banyak perbedaan yang terjadi. Tapi kemungkinan bulan akan terlihat lebih besar jika kita melihat di dekat ufuk atau kaki langit. Efek tersebut biasanya dikenal dengan nama ‘Ilusi Bukan’.

Para ilmuwan berpendapat penampakan tersebut terjadi karena yang melihat bisa dengan mudah membandingkan bulan dengan bangunan yang ada di dekatnya. Sementara itu alasan lain menyebutkan otak manusia memproses objek di ufuk lebih besar ketimbang objek dengan ukuran serupa yang ada di langit.

Fenomena Alam Supermoon

Kedua, ombak akan lebih tinggi sehingga mereka yang tinggal di dekat laut kana mengalami pasang surut lebih besar. Hal ini terjadi karen Matahari, Bumi dan Bulan ada di satu garis selaras. Selain itu tarikan gravitasi kedua benda luar angkasa itu menyebabkan ombak di Bumi menjadi lebih tinggi.

Fakta selanjutanya adalah Supermoon terjadi tiga kali pada tahun 2016. Ini sungguh kejadian yang langka karena biasanya supermoon terjadi sekali dalam kurun waktu 13 tahun.

Terakhir fenomena alam Supermoon pada 14 November 2016 bakal menjadi paling terang, jadi jangan sampai terlewatkan.





0 comments:

Post a Comment